Ilmu Jaringan 2

Membuat Jaringan LAN

Apasih Jaringan LAN itu? Gimana ya cara membuat jaaringan LAN itu?
Jaringan LAN itu adalah jaringan dimana hanya terdapat pada Local Area Network. Hanya terdapat jaringan Lokal. sebelum kita membuat jaringan LAN kita harus mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan jaringan ini. Biasanya sih untuk semua jaringan alat yang dipergunakan g jauh beda misalnya Tool Krimping, Konektor RG-45, Kabel UTP Cat5 / Kabel Belden, Switch / Hub, dsb.

Dalam Jaringan LAN ini juga kita bisa menggunakan type jaringan Klient Server atau Peer To Peer. Perbedaan antara jaringan Klient Server dan Peer To Peer adalah bila jaringan Klient Server itu terdapat Server yang menyediakan segala kebutuhan Klient dan komputer yang digunakan dalam type jaringan ini bisa lebih dari 3 komputer. Sedangkan untuk type jaringan Komputer Peer To Peer hanya terdapat 2 komputer dan ke-2 komputer ini bisa bertindak seerver dan klient. Jadi ke-2 komputer tersubut mempunyaio kedudukan yang sama.

Untuk yang pertama kita akan mencoba terlebih dahulu membuat Jaringan LAN yang menggunkan type jaringan Klient Server.

Untuk membuat jaringan ini misalkan kita menggunakan 4 komputer dan salah satunya kita akan jadikan server. Dalam jaringan ini kita membutuhkan yang namanya Switch/Hub. Terlebih dahulu kita membuat kabel Straight untuk menghubungkan anatara komputer dengan Switch/Hub. Setelah kabel Straight terbuat maka colokan ujung kabel UTP yang satu ke komputer dan yang satu lagi ke Switch/Hub. Lakukan hal yang sama untuk yang lainya juga. Setelah kabel terpasang, lihatlah pada Switch/Hub apakah lampu indikator lampu Switch hidup atau tidak. Bila Hidup berarti kita telah terhubung. Lalu bagaimana untuk menghubungkan komputernya?

Untuk menghubungkan komputernya kita perlu memasang IP pada pada TCP/IP Properties. misal untuk komputer Server kita pasang IP 192.168.2.10 maka bisa saja kita pasang pada komputer yang lain sesuai IP urutan dari server misal 192.168.2.11 ( komp.2), 192.168.2.12 ( komp.3), dan 192.168.2.13 ( komp.4).

Jangan lupa juga Workgroupnya kita buat sama ya...supaya kita bisa melakukan file Sharing juga. Khusus untuk server kita buat sharing Printernya, sehingga ketika akan melakukan Print dari klient tidak usah epot-repot lagi membawa Printer kesana-kemari. Komputer serverkan menyediakan kebutuhan klient, jadi Printer tersebut kita taruh saja pada komputer server. buila komputer klient pengen ngeprint ya tinggal print aja tanpa harus mengambil printer disana dan disini.

Untuk yang kedua kita akan coba membuat Jaringan LAN dengan menggunakan type jaringan Peer To Peer.

Untuk membuat jaringan ini biasanya hanya terdapat 2 komputer yang akan dihubungkan. Dalam jaringan ini juga kita tidak membutuhkan yang namanya Switch/Hub, karena komputer yang akan kita hubungkan langsung dari komputer yang satu kekomputer yang lain. Langkahnya sama aja dengan dengan membuat jaringan dengan type Klient Server bedanya hanya saja pada kabelnya. Untuk Jaringan Type Klient Server kita menggunakan Kabel Straight sedangkan untuk Jaringan yang menggunakan Type Peer To Peer kita menggunakan kabel Croos.

Nah mungkin sampe ini aja dulu untuk pembuatan Jaringan LAN. Lainm kali penulis akan menulis cara pembuatan Jaringan yangb lebih besar lagi dan tentunya amat rumit.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Ilmu Jaringan 2"

Posting Komentar