ANgryIPScanner

Ilmu Iseng untuk Ngisengin

G bosen – bosen nih nulisin tentang sesuatu yang penulis juga kagak tau. Hanya sekedar tau dan mencari ilmu tutorialnya, akhirnya pengen juga nulis ni ilmu biar bias berbagi m kawan – kawan yang lain. Walaupun ni ilmu agak sedikit aneh dan buat iseng – iseng aja, tapi seneng juga law da bisa nguasainnya. Ilmu ini sendiri penulis belum seberapa paham, tapi bagi penulis berbagi ilmu yang sedikit penulis tau lebihg baik daripada banyak ilmu tidak berbagi sama sekali. Langsung aja ya, biar gak banyak cincong…

Semua orang yang sering memakai Internet pasti sudah tau yang namanya IP Address. Disini penulis akan menulis kembali tentang memakai sebuah tools yang digunakan untuk mengetahui IP Address. Nama toolsnya AngryIPScanner atau NMAP. Penggunaanya berbeda, untuk AngryIPScanner dapat dilakukan di Windows mode atau GUI, sedangkan NMAP harus dilakukan dalam mode DOS. Kali ini kita akan memakai AngryIPScanner. Untuk menggunakan AngryIPScanner langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Download Angry IPScanner pada situs web : www.angryziber.com/ipscan/
2. Kita coba ping ke situs web www.yahoo.com sehingga akan tampak gambar berikut ini :
3. Dari informasi tersebut kita akan mendapatkan IP Address dari www.yahoo.com, yaitu pada baris : Pinging www-real.wa1.b.yahoo.com [209.131.36.158]
4. Selanjutnya kita akan menjalankan program AngryIPScanner
5. Isi IP Range nya sesuai IP Address yang dituju dengan acuan seperti contoh berikut, missal IP Address yang ingin kita cari dikelas C yaitu 209.131.36.158, maka cari IP Range tersebut dengan mengganti angka paling belakang menjadi 0 ( 209.131.36.0 ) Range pertama dan 209.131.36.255 ( Range terakhir ) dan klik satr untuk memulai pencarian.
6. Untuk melihat hasilnya tinggal klik kolom Ping yang ada dikotak result, maka hasil tersebut akan tersusun sendiri sesuai dengan urutan IP paling kecil yang hidup.

Pada software AngryIPScanner ada indicator lampu biru dan lampu merah. Lampu biru menunjukan indicator bahwa computer atau server tersebut sedang menyala dan yang merah mengindikasikan bahwa IP Address tidak ada atau komputer server dengan IP Address tersebut sedang mati. Software ini lebih asyik bila kita berada pada areal yang ada hotspotnya. Bagaimana cara mengetahui IP Addressnya? Gampang kok...coba lihat kanan bawah windows anda, ada gambar icon yang tersambung ke hotspot server. Klik saja 2 kali icon tersebut.sehingga muncul gambar seperti berikut ini :

Nah kalau sudah kemudian gunakan AngryIPScanner untuk memetakan jaringan yang ada disana

Read Users' Comments (0)

0 Response to "ANgryIPScanner"

Posting Komentar